May 18, 2010

Perubahan.......

Tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan. Sebuah perubahan akan terus terjadi di sekeliling kita. Siap atau tidak harus bisa menerima setiap perubahan yang ada, jika tidak mempersiapkan diri, kita pasti akan tertinggal dan tergilas oleh perubahan itu sendiri.

Dalam Islam dikenal Hijrah. Hijrah berarti berarti atau migrasi. Dalam konteks lebih luas, perintah hijrah bukan hanya secara seremonial bagi nabi, tetapi menjadi medium pembelajaran bagi umat Islam untuk melakukan perubahan. Baik perubahan fisik maupun non fisik seperti perubahan mental dan prilaku yang lebih baik dan terpuji. Hijrah bukan sekadar berpindah dari satu tempat ke tempat lain, namun perpindahan dari suatu keadaan tidak baik kepada keadaan yang lebih baik. Dapat ditarik kesimpulan dari peristiwa Hijrah, jika menginginkan sesuatu hal atau kehidupan yang lebih baik, maka berubahlah.

Untuk meraih keadaan atau kehidupan yang lebih baik, terkadang kita dituntut untuk keluar dari zona nyaman (comfort zone). Pribadi yang menikmati berada di dalam zona nyaman cenderung mengingkari perubahan. Sebagai imbas dari keadaan nyaman maka seseorang akan terperangkap ke dalam sebuah kehidupan yang statis. Mereka belum menyadari bahwa sesungguhnya hidup itu sendiri adalah perubahan. Sehingga, bagaimanapun juga manusia hidup harus melakukan perubahan. Karena, apabila seseorang tidak melakukan perubahan, dikhawatirkan mereka akan tertindas oleh perubahan itu sendiri. Memang sangat sulit untuk keluar dari zona nyaman. Butuh pengorbanan dan kerja keras. Tetapi pengorbanan dan kerja keras untuk mewujudkan perubahan sebanding dengan manisnya hasil yang akan dicapai, yaitu kehidupan yang lebih baik.

Hidup adalah pilihan, hidup adalah perjuangan dan sebuah anugrah yang peru kita maknai dan isi dengan sebaik-baiknya, nikmati setiap proses hidup yang ada, teruslah berjuang dan jangan menyerah, lakukan sebuah perubahan dari diri sendiri untuk bisa mengikuti setiap perubahan yang terjadi disekeliling kita, semoga bermanfaat dan sukses untuk anda.


Referensi:
http://www.andaluarbiasa.com/hidup-nyaman-di-luar-zona-nyaman
http://www.aliyusrie.com/perubahan-itu-terus-terjadi/
http://www.babinrohis-nakertrans.org/content/view/160/32/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hijrah

No comments:

Post a Comment