Nov 8, 2009

Tips Trading Saham

Bauran pemasaran adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita mahasiswa manajemen. Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang biasa disebut 4P, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi). Dalam trading saham juga dikenal 4P. Tetapi 4P yang satu ini berbeda dengan 4P bauran pemasaran. Empat P disini adalah strategi yang dikembangkan oleh Collin Seow dalam trading saham.

Inilah strategi 4P dari Collin Seow:
1. Product (produk)
Saham apa yang akan kita beli? Untuk menentukan saham yang akan dibeli, kita menggunakan analisis fundamental. Analisis fundamental adalah metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan. Teknis ini menitik beratkan pada rasio finansial dan kejadian - kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Inti dari analisis fundamental adalah menilai harga riil saham, kemudian membandingkannya dengan harga pasar. Apabila harga riil saham lebih rendah daripada harga pasar, maka saham tersebut layak untuk dibeli.
2. Price (harga)
Setelah kita mendapatkan saham mana saja yang layak dibeli, kita menentukan di harga berapa saham tersebut akan dibeli dan di harga berapa saham tersebut akan kita jual agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk menentukan harga beli/ jual, kita dapat menggunakan analisis teknikal. Analisis teknikal adalah suatu teknik analisa yang dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi trend suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume.
3. Position (posisi)
Seberapa banyak saham tersebut akan kita beli? Hal ini berkaitan erat dengan portofolio investasi. Portofolio investasi adalah kumpulan investasi yang dimiliki oleh institusi ataupun perorangan. Memiliki portofolio seringkali merupakan suatu bagian dari investasi dan strategi manajemen risiko yang disebut diversifikasi. Dengan memiliki beberapa aset, risiko mngalami kerugian dapat dikurangi.
4. Psychology (psikologi)
Hal terakhir tetapi sangat penting adalah bagaimana mengendalikan emosi kita. Ketamakan dan ketakutan adalah dua "rintangan" yang harus kita taklukkan agar dapat berhasil dalam trading saham.

Perlu diingat bahwa strategi apapun tidak memberi jaminan bahwa kita akan selalu berhasil. Tetapi jika kita mendidik diri dan mengembangkan kerangka berpikir yang benar, dan mentalitas yang stabil, kita memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil.


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_fundamental
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_teknis
http://id.wikipedia.org/wiki/Portofolio

No comments:

Post a Comment