Nov 7, 2010

Apakah Pasar Saham Itu?

Kita tentu telah banyak mendengar rumor dan cerita tentang fenomena di pasar saham, di mana seseorang yang awalnya memiliki kemampuan finansial yang biasa saja dapat menjadi seorang miliuner dalam waktu singkat setelah berinvestasi di pasar saham. Suatu hal yang menarik, walaupun dalam kenyataannya ada lebih banyak orang yang menjadi miskin saat berinvestasi di pasar saham. Faktanya, pasar saham adalah tempat yang menakutkan dimana disinilah kaum kapitalis menemukan wujudnya yang sempurna; dan di sini jugalah terjadi pertarungan antara fakta, rumor, dan sifat manusia.

Menurut anda, di manakah lokasi pasar saham di Indonesia? Apakah di gedung BEI? Banyak orang yang terkecoh sehingga menganggap bahwa pasar saham berada di suatu tempat atau lokasi tertentu. Tetapi, pasar saham sama sekali tidak memiliki wujud atau fisik. Lokasi pasar saham dapat berada di mana saja. Di mana sebuah transaksi saham dilakukan, maka di situ pasar saham berada. Munculnya teknologi internet membuat lokasi pasar saham saat ini bisa di kantor, mobil, dapur, atau kamar tidur. Pasar saham ada di mana saja.

Selanjutnya, apakah itu saham? Secara sederhana saham dapat didefinisikan sebagai bukti kepemilikan, baik secara institusi maupun perorangan dari sebuah perusahaan. Kesuksesan di pasar saham berkaitan dengan cara mendapatkan saham yang baik di saat yang tepat.


Referensi:
Veter, Jhon. 2010. Happy Investing. Pustaka Delapan. Jakarta
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_saham
http://id.wikipedia.org/wiki/Saham

No comments:

Post a Comment