May 15, 2010

Virus Yang Menyerang Investor Saham

Kita sebagai manusia rentan terkena virus. Ada bermacam-macam virus yang menyerang manusia, seperti HIV, virus herpes, virus influenza, dan lain-lain. Salah satu kelompok orang yang rentan terkena virus adalah investor saham, terutama investor baru. Virus ini sangat ganas dan apabila tidak mempunyai antivirus maka kekebalan aset dari si investor akan diserang. Aset si investor akan habis dalam sekejap ataupun perlahan-lahan apabila telah terinfeksi virus ini. Virus ini bernama virus 3 Ta. Virus 3 Ta mengacu pada tiga jenis emosi yang umumnya merasuki investor baru.

Pertama, Tamak (greed). Sering terjadi akibat ingin buru-buru mendapatkan keuntungan besar investor lupa untuk berpikir rasional, dan bertindak berdasarkan naluri yang ternyata lebih bersifat emosional. Misalnya, saat IHSG meningkat menuju level 2700an, banyak investor baru terangsang emosi tamaknya. Saat itu, melihat banyak rekan, kerabat, atau tetangga mereka mendadak bisa membeli mobil baru karena investasi di pasar saham, para investor lugu tersebut tanpa pikir panjang langsung ikutan beli saham.

Sayangnya, tak lama setelah mereka membeli saham, IHSG justru menurun. Saat IHSG mulai menurun, pendulum emosi para investor baru tersebut beralih dari tamak menjadi Ta yang kedua, yaitu Takut (fear). Akibatnya, mereka beramai-ramai keluar dari pasar. Jadi, yang mereka lakukan bukannya beli murah jual mahal, melainkan beli mahal jual murah, alias rugi.

Ketiga, Tamat, yaitu kalah sebelum bertanding atau menyerah setelah sekali gagal. Tamat ada hubungannya dengan trauma rasa takut terluka akibat kegagalan atau kekecewaan berat setelah mengalami kegagalan. Dirasuki emosi tamat, investor sama sekali menghindari aktivitas investasi saham, dan tidak pernah mengecap sisi positif dari investasi tersebut. Padahal mereka seharusnya mengambil tindakan persiapan untuk meningkatkan peluang keberhasilan, atau mengambil pelajaran dari kegagalan agar pada kemudian hari tidak terperosok dalam kesalahan yang sama.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Virus
Sembel, Roy dan T. Sugiharto. Becoming Smarter, Tougher, and Wiser Investors. Elex Media Komputindo. Jakarta: 2009.

No comments:

Post a Comment