Nov 6, 2009

Tips Pasar Modal Untuk Pemula

Pasar modal pada hakekatnya adalah pasar yang tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional yang selama ini kita kenal, di mana ada pedagang, pembeli, dan juga tawar menawar harga. Bedanya, pasar tradisional memperdagangkan komoditas riil (sembako, pakaian, alat elektronik, dll); sedangkan instrumen yang diperdagangkan di pasar modal berupa surat berharga yang diterbitkan perusahaan seperti saham, obligasi, dll.

Pasar modal adalah salah satu alternatif investasi yang sangat menarik untuk mahasiswa. Di pasar modal, peluang untuk meraih keuntungan besar, tetapi risiko pun besar. Bila ingin terjun, lengkapi terlebih dahulu dengan informasi dan pengetahuan yang memadai. Mendengar pengalaman dari orang-orang yang pernah bergelut langsung di investasi pasar modal juga penting. Nah apa yang harus dilakukan bagi pemula yang ingin berinvestasi di pasar modal?

Berikut ini tips dari Prof. Roy Sembel untuk pemula yang ingin terjun ke pasar modal.
1. Belajar apa itu pasar modal secara umum
Orang yang ingin belajar berenang harus mengenal apa itu air terlebih dahulu. Begitu juga apabila kita ingin terjun ke pasar modal. Kita harus mengenal apakah itu pasar modal secara umum, misalnya fungsi dari pasar modal, mekanisme perdagangan di pasar modal, dll.
2. Belajar instrumen/ produk pasar modal
Setelah mengenal pasar modal secara umum, kita harus mengetahui instrumen/ produk-produk apa yang diperdagangkan di pasar modal. Sehingga kita bisa menentukan akan "membeli" produk apa, apakah itu saham, obligasi, dll.
3. Belajar strategi
Apabila kita belajar berenang, tentu kita akan belajar gaya-gaya yang digunakan. Misal gaya bebas, punggung, dada, dll. Kita akan memilih gaya apa yang akan kita gunakan sesuai dengan situasi. Begitu juga apabila kita ingin terjun di pasar modal. Kita "wajib" belajar strategi apa yang akan kita gunakan saat terjun di pasar modal. Entah sebagai trader (intraday, swing, dll) ataupun sebagai investor.
4. Belajar simulasi
Sebelum mengendalikan pesawat betulan, seorang pilot belajar menerbangkan pesawat melalui simulator. Jika kita ingin terjun ke pasar modal, alangkah baiknya apabila kita mengikuti simulasi pasar modal terlebih dahulu. Kita dapat menguji strategi yang telah kita susun melalui simulasi. Strategi yang telah teruji di simulasi, dapat kita terapkan saat terjun di pasar modal.
5. Belajar investasi bertahap
Apabila kita belajar berenang, kita tidak langsung berenang di kolam yang dalam, tetapi di kolam yang dangkal terlebih dahulu. Ada baiknya kita menginvestasikan dana kita sedikit demi sedikit di pasar modal. Jangan langsung menanamkan seluruh dana kita. Ingat, berinvestasi di pasar modal sangat beresiko!
6. Belajar mengendalikan diri
Bagian tersulit dari seorang investor adalah belajar mengendalikan diri. Ketamakan dan ketakutan adalah 2 hal yang harus kita "taklukkan" agar berhasil menjadi investor yang baik. Musuh terberat kita di pasar modal adalah diri kita sendiri.

Semoga sedikit tips diatas dapat berguna untuk yang ingin terjun ke pasar modal. Belajar, belajar, belajar dan terus belajar.....

No comments:

Post a Comment